Sabtu, 03 Maret 2012

Perbedaan Notasi ERD

Sekarang saya dapat lagi mata kuliah Basis Data. Padahal dulu waktu D2 di NIIT & Telkom Center udah pernah dapet Basis Data SQL Server, kemudian dilanjut dengan Basis Data di D3 dengan menggunakan Oracle. Dan sekarang dapet lagi Pelajaran Basis Data namun dengan menggunakan DBMS PostGreSQL. 

Yang baru bagi saya sekarang adalah, bahwa notasi yang saya gunakan sekarang agak berbeda dengan yang dulu saya buat. Entah memang berbeda dari dahulu, atau beda sumber rujukan buku bisa beda konsep. Buku yang jadi rujukan untuk mata kuliah basis data saya saat ini adalah Database System, Thomas Connolly, Carolyn Begg.


Perbedaan notasi yang saya temukan di dalam buku ini adalah terdapat penambahan notasi-notasi yang belum pernah saya lihat sebelumnya, misal tentang total partisipasi direpresentasikan dengan 2 garis pada relationship. Sedangkan yang parsial partisipasi direpresentasikan dengan satu garis. Tentang derive attribute dan yang tidak dan sebagainya, berikut gambarnya:


Mungkin ini merupakan revisi dari bentuk-bentuk ER terdahulu yang dianggap kurang cukup untuk merepresentasikan konsep database agar semakin fokus dan tidak multi-tafsir. Lalu apa saja perbedaan maksud dari notasi-notasi diatas? Akan saya lanjutkan postingan ini nanti :D

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar