Senin, 13 Februari 2012

Harddisk eksternal tidak terbaca pada windows XP

Kemarin sempet di bikin deg-degan gara-gara harddisk yang tadinya berjalan biasa saja tiba-tiba tidak bisa terbaca. Saya colok dan lepas berulang kali. Restart komputer berkali-kali, namun hasilnya nihil. Saya cukup resah kala itu, sebab data yang ada didalam harddisk tersebut sangat berharga. Banyak dokumen yang memuat nilai historis yang tinggi. Akhirnya saya putuskan untuk googling demi mencari solusi atas masalah yang sedang saya hadapi kemarin.

Ada tutorial singkat untuk mereka yang memiliki masalah yang sama. Caranya hanya perlu masuk ke command prompt, kemudian masukan perintah chkdsk i: /F . " i: " dalam contoh tersebut adalah directory untuk harddisk eksternal anda biasanya berada. Alhamdulillah, ternyata cara sederhana tersebut berhasil. Berikut screenshot hasilnya.


Sepertinya dari laporan diatas terdapat bagian harddisk yang error. Ada 4 Kb bad sector di dalam harddisk saya tersebut. Heem, maklum lah, umurnya sudah jalan 3 tahun. Sekalian deh, saya tampilkan harddisk kesayangan saya ini. cekidot.


Baiklah, cukup sekian. Semoga tulisan ini bermanfaat. Salam :)





4 komentar:

  1. External HDD saya hanya terdeteksi di BIOS, selain itu tidak terdeteksi...
    Jadi gmn itu ya gan ? thanks

    BalasHapus
  2. alahmdullilah dapat ilmu.... tq

    BalasHapus
  3. Alhamdulillaaah thanks ilmunya.. skr HD sy bs trbaca :)))

    BalasHapus
  4. tapi di disk management muncul hardisknya tapi di my computer gak nongol. gimana itu min?

    BalasHapus