Minggu, 22 April 2012

Integrasi XAMPP 1.7.7 dengan PostGreSQL 9.1 pada Windows XP

 +




Prakondisi:
  • Download the latest XAMPP here
  • Download the latest PostGreSQL here
  • Download phppgAdmin here
Kemarin saya mencoba-coba bagaimana caranya mengintegrasikan XAMPP dengan database PostGreeSQL. Sebagaimana yang telah kita ketahui, bundle default DBMS dari XAMPP adalah MySQL bukan PostGreSQL. Jadi untuk menyatukan kedua perangkat tersebut, kita harus mengerjakannya sendiri. Setelah googling, akhirnya saya menemukan tutorial dari 2 blog orang Indonesia, yaitu:
  1. Mengintegrasikan XAMPP dan PostGreSQL di Windows (http://blogs.itb.ac.id)
  2. Integrasi XAMPP + PostgreSQL + PHPPgAdmin (http://ganjarramadhan.wordpress.com)
Terima kasih kepada author kedua blog tersebut, karena diantara minimnya resource tutorial dari dalam negeri, blog tersebut sangat membantu. Namun setelah mengikutinya, tidak semulus yang dibayangkan. Saya menemukan berbagai bug/error yang membuat saya bingung. Mungkin karena kurang detailnya tutorial yang diberikan. Maka saya coba membuat tutorial versi saya sendiri, semoga bisa membantu anda semua. Selamat menyimak :)

1. Install XAMPP. Biasanya secara default XAMPP akan membuat data di directory C:\XAMPP

2. Install PostGreSQL. 
  • Jangan lupa, PostGreSQL kita taruh di dalam directory yang sama dengan XAMPP. Jika barusan XAMPP anda di install di C:\XAMPP maka pastikan PostGreSQL berada di C:\XAMPP\PostGreSQL.
  • Tuliskan password untuk user db. (jangan lupa untuk mengingat passwordnya.)
  • Jalankan [START] [All Programs] [PostGreSQL 9.1]

  • Klik kanan pada [Servers][PostGre 9.1][Connect] kemudian masukan password yang tadi sudah dituliskan.


  • Klik kanan [Login Roles], pilih 'New Login Role', ketik role name: admin. Pada tab [Role Privileges] pilih 'Superuser', kemudian klik OK



  • Cari File  php.ini, di  C:\xampp\php\php.ini, kemudian cari baris ";extension=php_pgsql.dll" hapus tanda ‘;’ nya sehingga hasilnya jadi "extension=php_pgsql.dll"


3. Deploy PhpPgAdmin
  • Ekstrak dan copy PhpPgAdmin kedalam folder C:\XAMPP\phpPgAdmin
  • Edit file config.inc dalam directory  C:\XAMPP\phpPgAdmin\conf\config.inc

           $conf['servers'][0]['desc'] = 'PostgreSQL';
           $conf['servers'][0]['host'] = 'localhost';
           $conf['servers'][0]['port'] = 5432;
           $conf['servers'][0]['sslmode'] = 'allow';
           $conf['servers'][0]['defaultdb'] = 'postgres';
           $conf['servers'][0]['pg_dump_path'] = 'C:\xampp\PostgreSQL\9.1\bin\pg_dump.exe';
   $conf['servers'][0]['pg_dumpall_path'] = 'C:\xampp\PostgreSQL\9.1\bin\pg_dumpall.exe';
  • Edit file httpd-xampp.conf pada directory C:\xampp\apache\conf\extra
Alias /phppgadmin "C:/xampp/phpPgAdmin/"
<Directory "C:/xampp/phpPgAdmin">
AllowOverride AuthConfig
Order allow,deny
Allow from all
</Directory>

Script diatas dituliskan diantara tag <IfModule alias_module> </ifModule>. Agar tidak membingungkan berikut screenshotnya

  • The last but not least, coba Apache XAMPP-nya di restart. Kemudian buka browser dan masukan URL http://localhost/phppgadmin. Kalau berhasil, maka seharusnya tampilannya akan seperti ini

  • Selesailah sudah proses penyatuan cinta dua insan ini, eh, maksud saya penyatuan DBMS dalam platform XAMPP ini. 

TROUBLESHOOT
Setelah mengikuti dengan saksama tutorial diatas ternyata kamu masih menemukan pesan error ini saat menjalankan XAMPP kamu lagi:




Jangan panik, jangan frustasi. Saya pun mengalami hal serupa. Cara penanggulangannya adalah dengan memindahkan file LIBPQ.dll yang berada di directory C:\xampp\PostgreSQL\9.1\lib ke dalam directory C:\xampp\apache\bin. Pesan error tersebut muncul dikarenakan server apache kamu kekurangan file yang diperlukan dalam mengenali postgreSQL. 

Menurut pengalaman saya, ada 3 file yang harus di copy ke C:\xampp\apache\bin yaitu:

  • libpq.dll
  • libiconv-2.dll
  • libintl-8.dll
Yah, demikian tutorial dari saya kali ini. Semoga ada manfaatnya. Jika kamu punya masalah/ troubleshoting yang berbeda dengan kasus diatas. Jangan sungkan-sungkan di share, mari kita cari solusinya bersama-sama..hehe.. 
Salam.....





Rabu, 18 April 2012

multiply: blog yang berubah jadi portal e-commerce



Saya mengenal multiply semenjak SMA, yaitu sekitar tahun 2005. Saat itu saya diberikan tugas oleh guru komputer untuk membuat sebuah blog pribadi. Dulu saat diberikan tugas seperti itu pun saya sama sekali tak terbayang, seperti apa wajah blog yang sesungguhnya. Ternyata untuk mendapat pandangan utuh tentang segala sesuatu, seseorang harus mencoba langsung, mempelajari tata caranya, melakukan kesalahan, dan mencoba lagi. Teori dan cerita orang tak akan pernah mengutuhkan pemahaman kita tentang sesuatu. Yang dibutuhkan adalah pengalaman dari diri sendiri.

Akhirnya jadilah blog pertama dalam hidup saya, hehe. di apipe.multiply.com (namanya alay, maklum waktu itu masih remaja :p).  Ya waktu itu multiply lebih terkenal dari blogger maupun wordpress (setahu saya, soalnya guru komputer saya tersebut nyaraninnya pun buat pakai multiply). Dulu multiply bebas banget download lagu, karena dia punya fasilitas untuk mengupload lagu-lagu dan secara terbuka bisa diunduh. 

Baru-baru ini pun (sekitar Januari 2012, multiply membuka kantor di Jakarta) multiply pun mengubah arah bisnisnya di Indonesia dengan menjadi portal e-commerce, lebih dari sekedar blog. Pertama saya mencobanya ternyata "wow". Multiply benar-benar merubah fungsi webnya. Di awal kita diberikan pilihan untuk bertransaksi dengan rekening bank, saat ini baru tersedia dua, BCA dan Mandiri. Kemudian setelah blognya jadi kita bisa meng-customize listing produk kita. Biaya shiping dari JNE dan pos Indonesia juga sudah terintegrasi disini. Sebenarnya, multiply jadi mirip Content Management System semacam prestaShop, osCommerce dan sebagainya. Yang jadi perbedaannya adalah, multiply memudahkan kita untuk langsung menggunakan layanannya tanpa perlu harus mengcustomize sendiri, beli hosting dan domain sendiri, lalu promosikan web kita sendiri.

Karena kemudahan yang diberikannya tersebut, sepertinya multiply ingin mengambil profitnya dari setiap transaksi yang terjadi dalam layanannya tersebut. Semacam pajak lah kalau boleh saya bilang. Selain dari pengenaan pajak di tiap transaksi, profit didapatkan dari layanan iklan yang disediakannya. Kita bisa membuat iklan dari listing produk yang kita buat dengan jangka waktu tertentu. Multiply mengkalkulasikan seberapa banyak target pasar yang bisa diraih dalam jangkan waktu tersebut. 

Kabar gembiranya, pengenaan pajak dari transaksi untuk saat ini masih gratis sampai Juni 2012 nanti. Jadi buat kamu yang ingin coba-coba layanan dari multiply ini bisa menggunakan kesempatannya sampai Juni 2012. Saya juga buat, tapi masih kosong, baru kemarin saya buatnya. Bisa sahabat kunjungi di tokoafif.multiply.com . Kalau info-info terbaru mengenai Multiply di Indonesia beritanya bisa di ikuti di http://indonesia.multiply.com 



Mungkin segitu dulu info dari saya, mari lanjut oprek-oprek lagi.. 
Salam.. :)