Minggu, 11 Desember 2011

Evolution of Geek

Kemarin dapet gambar yang lucu, isinya mengenai evolusi geek. Digambar ini diceritakan bahwa sampai tahun 50-an istilah "geek" hanya spesifik disebutkan untuk mereka yang tergila-gila pada teknologi atau sub-cultures. Asal kata "geek" sendiri berasal dari kata "gecken" yang digunakan pada abad ke 18 untuk menyebut kepada pemain sirkus yang beraktik untuk mematahkan leher ayam hidup. It's weird.

Namun seiring perkembangannya, istilah "geek" tersebut meluas. Tidak hanya melulu ditujukan kepada mereka yang tergila-gila pada teknologi. Istilah "geek" saat ini lebih ditujukan kepada mereka yang amat sangat menggemari hal-hal yang sedang ia geluti. Berikut ini adalah gambarnya :




Nah, itu beberapa tipe "geek" yang baru-baru ini muncul. Kalau saya boleh pilih, mungkin ini beberapa tipe "geek" saya :

  • Computer Geek : Ngga cuma komputer sih, gadget juga. 
  • Internet Geek : Keliling dunia cuma dengan klak-klik-klak-klik. It's awesome!
  • Tech Geek : Belum punya product apple :( .. as soon as  i hope :)
  • Academic Geek : Menjadi akademisi sekaligus praktisi adalah keinginan saya. Seperti pak @onnowpurbo atau pak @rahard sepertinya menarik :)
  • Book Geek : woooow.. minimal sebulan sekali harus ke toko buku. Walau buku yang lama belum kebaca sepenuhnya. Tapi saya pikir nambah koleksi buku itu harus.
  • Video Game Geek : Akhir-akhir ini ga sempet main. Cuma sempet main game-game kecil aja
  • Film Geek : Kayaknya semua orang deh kalo yang ini. Film udah jadi kebudayaan umat manusia, bahkan sebelum ada pita film buat merekam sejarah umat manusia udah sering bikin pertunjukan cerita di panggung.
Heeem. kalau gitu, yang mana tipe geek anda? :D

Senin, 05 Desember 2011

(dasar) fungsi javascript

Sekedar ingin melist fungsi javascript yang sejauh ini telah saya ketahui.

- $('#bla_bla_bla').html("isi apa aja boleh");
Fungsi ini berfungsi untuk menyisipkan element html kedalam suatu tag id/class 

- $('#bla_bla_bla').val("isi apa aja boleh");
Fungsi ini berfungsi untuk menyisipkan suatu nilai  ke dalam type input (textfield, textarea) yang diberikan inisial id bla_bla_bla

- $("#bla_bla_bla").show();
Fungsi ini akan menampilkan element tag yang tadinya disembunyikan atau tidak muncul. Biasanya digunakan untuk pop up notifikasi.

- $("#bla_bla_bla").hide();
Kebalikan dari fungsi show, yaitu menyembunyikan element yang tadinya tampil.

 $("#bla_bla_bla").data(dataku, { nama: afif, nim: 1006826225});
Fungsi ini akan menyisipkan data pada element html dan dapat dipergunakan kembali oleh element html yang lain. Untuk lebih jelasnya kesini

Heem, masih banyak sebenernya. Tapi berhubung itu yang paling sering dipakai dan sekarang waktu makan siang sudah hampir habis maka saya cukupkan sampai disini. Kalo mau lihat yang yang lengkapnya ada di situs resminya disini